Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Geopark Merangin Jambi Raih Peringkat Pertama Dunia Tahun 2023 Versi Global Geopark Network

Geopark Merangin Jambi Raih Peringkat Pertama Dunia Tahun 2023 Versi Global Geopark Network

Jambi, J24
- Provinsi Jambi menoreh prestasi gemilang dan diakui secara internasional dengan memperoleh 4 (empat) penghargaan bergengsi di tahun 2023. Dalam Konferensi UNESCO Global Geopark ke-10 di M’Goun UGGp yang diselenggarakan Kekaisaran Maroko pada tanggal 5 – 11 September 2023, menerima anugerah GGN Award 2023 kategori Best Practice atau Praktek Baik. Geopark Merangin Jambi meraih peringkat pertama dunia 2023 versi Global Geopark Network.

Penghargaan diterima Dr. Agus, S.Sos,. M.Hum selaku General Manager of Merangin Jambi UGGp didampingi oleh Malla Indra. Diserahkan langsung Prof Artur dari Global Geopark Network, Sabtu, 9 September 2023. Dr. Agus juga menjadi Speaker pada acara tersebut.

Ini merupakan prestasi yang tak pernah dibayangkan sebelumnya. Dimana proposal best practice yang dikoordinir oleh Malla Indra diupload pada menit terakhir jelang pendaftaran ditutup. “Kami tidak menyangka sama sekali bisa mengharumkan nama Indonesia, peringkat pertama dunia versi Global Geopark Network,” ujar Dr. Agus.

Penghargaan yang diraih Provinsi Jambi dalam tahun 2023 ini, antara lain, Pertama diawali dengan Sertifikat UNESCO Global Geopark. Penghargaan Kedua datang dari Badan Geologi Kementerian ESDM yakni Geo Environment.

Ketiga, mengenggam sertifikat Institution member Global Geopark Network diterima oleh General Manager BP Geopark Merangin Jambi dari Prof Nicolas Zorous selaku President Global Geopark Networt. Hebatnya, tahun ini hanya ada 17 geopark dunia yang mampu menjadi institutional member GGN.

Ketiga prestasi di atas adalah prestasi untuk Indonesia terutama Provinsi Jambi khususnya Kabupaten Merangin. Bendera Merah Putih bisa berkibar di dua lembaga Internasional yaitu Unesco dan GGB. 

Hal ini tak terlepas berkat tekad dan keinginan sangat kuat, serta perjuangan gigih seorang Al Haris sejak 2013-2018 dan 2018-2021 menjadi Bupati Kabupaten Merangin Provinsi Jambi.

Menurut Dr. Agus, penghargaan Ke empat tersebut merupakan hadiah terindah untuk masyarakat Desa Rantau Kermas Kecamatan Jangkat sebagai pelaku best practice karena sudah menjalankan inovasi unggul pada listrik baru terbarukan PLTMH yang saat ini sedang gencar dikampanyekan masyarakat dunia. Desa Rantau Kermas memiliki dua situs geopark yaitu Danau Depati Empat dan Hutan Adat Depati Karo Tuo Jayo Merangin Jambi UGGp.

Gubernur Provinsi Jambi Dr Al Haris, S.Sos, MH  melalui juru bicaranya, Ariansyah, mengaku raihan penghargaan dan beberapa penghargaan sebelumnya merupakan bonus atas kinerja bersama jajaran Kabupaten Merangin.

“Pak Gubernur sangat mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih kepada seluruh stakeholder yang telah berjibaku dari tahun 2014 hingga kemarin 9 September 2023 memperoleh penghargaan tertinggi berupa UGG sebagai Geopark atau Taman Batu Warisan Dunia,” ujarnya, Minggu malam, 10 September 2023.

Tutur Ariansyah, Al Haris yang juga mantan Bupati Merangin itu mengaku bahagia kinerjanya diapresiasi berbagai pihak yang mewakili khalayak dan bendera Indonesia Merah Putih bisa berkibar di sana. Pemprov Jambi akan mengemas dengan baik sehingga nanti tidak hanya menjadi sejarah UNESCO, tetapi juga menjadi sejarah Indonesia.

“Ini tidak terlepas juga dari peran besar Pemkab Merangin dan jajaran sampai tingkat desa serta masyarakat setempat yang terus berupaya berbenah dan menyiapkan diri untuk menjadi tuan rumah yang baik,” ucap Kadis Kominfo Provnsi Jambi itu. (J24/Red).

Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar