Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Dukungan Lintas Etnis Terus Menguat, H Abdul Rahman SE Optimis Menuju Pilkada Wali Kota Jambi 2024




Jambi, J24-Nama H Abdul Rahman SE (HAR) tiga tahun belakangan begitu santer diperbincangkan terakhir terus mewarnai wajah Kota Jambi, media dan media sosial, baik dikalangan tokoh lintas etnis, juga pegiat politik hingga media online dan permukiman warga Kota Jambi. Pasalnya sosok pengusaha sukses ini, digadang-gadang banyak pihak maju di Pilkada Wali Kota Jambi September 2024.

Bahkan tokoh etnis di Kota Jambi memberikan dukungan kepada HAR untuk maju sebagai Calon Wali Kota Jambi Pilkada 2024 ini. Salah satu komunitas etnis masyarakat Kota Jambi asal Sumatera Utara yang memberikan dukungan yakni Parsadaan Pomparan Toga Sinaga Boru (PPTSB) Kota Jambi. Komunitas marga Sinaga (PPTSB) Kota Jambi memiliki anggota 1500 KK.

Direncanakan juga H Abdul Rahman SE (HAR) akan menghadiri Pesta Bona Taon (Syukuran Awal Tahun) dan Pelantikan Pengurus PPTSB Cabang Kota Jambi I dan II Periode 2024-2028 di Gedung Olah Raga (GOR) Kotabaru, Kota Jambi, Minggu (25/2/2024) mulai Pukul 10.00 WIB hingga Pukul 17.30 WIB. 

Ketua Wilayah PPTSB Provinsi Jambi Drs Albertus Sinaga MPd juga mendukung H Abdul Rahman SE (HAR) maju di Pilkada Kota Jambi 2024. Dirinya juga mengapresiasi rencana kehadiran H Abdul Rahman SE (HAR) di Pesta Bota Taon PPTSB Cabang Kota Jambi Tahun 2024. 

Menelisik sosok H Abdul Rahman SE (HAR) ini, Ketua DPW NasDem Provinsi Jambi Syarif Fasha memberikan apresiasi terhadap langkah yang dilakukan HAR. Salah satunya dengan mengikuti mekanisme usulan DPD NasDem Kota Jambi yang nantinya akan diusulkan ke DPW NasDem Provinsi Jambi. "Dari DPW NasDem merekomendasikan ke DPP NasDem,” ujar Fasha.

Di bawah komando Syarif Fasha, kader Partai NasDem diprediksi lebih berpeluang memenangi kontestasi Pilkada Wali Kota Jambi 2024 mendatang. Nama HAR kini menjadi perbincangan khusus dan dukungan bahkan terus mengalir.

Saat H Abdul Rahman SE (HAR) hadir di Graha Pemuda Pancasila Provinsi Jambi misalnya beberapa waktu lalu, suasana mendadak riuh saat Haji Rahman datang. Dia menjadi satu-satunya tokoh penting, yang menyempatkan diri hadir menyapa sederet kader dan pengurus organisasi PP itu.

“Beliau orang yang sudah kami kenal lama. Sangat bangga dan bahagia. Beliau adalah bagian dari kami dan nanti berniat ingin menjadi calon Wali Kota Jambi. Insyallah kami berdoa agar cita-cita beliau diijabah oleh Allah SWT,” kata Adri, Ketua MPW Pemuda Pancasila Provinsi Jambi, yang akrab dengan julukan Panglima Anjali itu. 

Nama H Abdul Rahman SE (HAR), yang juga sebagai mantan Ketua KONI Kota Jambi tiga periode itu mulai banyak menghiasi billboard ukuran raksasa di sejumlah jalan-jalan di Kota Jambi. Baik di warung kopi, komunitas etnis, di kalangan elit partai, sosok H Abdul Rahman SE (HAR) sering dibincangkan. 



Sebagai orang dekat mantan Wali Kota Jambi Syarif Fasha, H Abdul Rahman SE (HAR) memang lebih berpeluang untuk diusung. 

Dosen UIN STS Jambi Dr Dedek Kusnadi MSi MM pernah berpandangan, Syarif Fasha berkemungkinan besar bakal menyiapkan estapet kepemimpinan Walikota Jambi ke kader Partai NasDem, seperti H Abdul Rahman SE (HAR). Bagi Fasha, Kota Jambi harus menjadi basis massa utama. 

Di struktur Partai NasDem misalnya, H Abdul Rahman SE (HAR) menempati jabatan strategis, menjabat Ketua BAPPILU Partai Nasdem Provinsi Jambi, masa bakti 2021-2025. 

“Jika ada dua kader yang diunggulkan, tentu kader yang menempati jabatan strategis akan lebih diprioritaskan. Apalagi H Abdul Rahman SE (HAR) menjabat Ketua Bappilu, yang memang bertanggungjawab menggodok kandidat yang bakal diusung. Kalau dia sendiri siap lahir bathin, kenapa harus capek-capek menggodok dan mengusung orang lain?,” kata Dr Dedek.

Kelebihan lainnya, kata dia, figur H Abdul Rahman SE (HAR) kelihatan lebih menonjol. Dia adalah pengusaha sukses sekaligus politisi yang sangat identik dengan publik."Dia hangat kepada semua orang. Murah senyum dan luas jejaring pertemanannya,”kata Dr Dedek. 

Melalui Dewan Masjid Indonesia (DMI) misalnya, jejaring perkawanan H Abdul Rahman SE (HAR) merentang jauh hingga ke level nasional. Saat ini, H Abdul Rahman SE (HAR) tercatat sebagai Bendahara DMI periode 2022-2027. DMI adalah organisasi mentereng, yang kini dikomandoi Jusuf Kalla, Mantan Wapres RI. 

“Aktifnya H Abdul Rahman SE (HAR) di berbagai organisasi menjadi modal penting baginya untuk terjun ke dunia politik. Saya lihat modal sosial Rahman sudah merentang jauh,”katanya.

Kepiawaian H Abdul Rahman SE (HAR), menurut Dr Dedek, tidak saja terlihat di sektor bisnis dan organisasi. Pada dimensi keluarga, H Abdul Rahman SE (HAR) juga terbilang pemimpin yang sukses. Dia berhasil menyekolahkan dua orang anaknya, hingga menjadi dokter.

“Dia adalah pemimpin keluarga yang diteladani. Untuk urusan ekonomi keluarga, dia sudah selesai. Jadi, kalau terjun ke politik, saya yakin Rahman tidak akan korupsi atau macam-macam,” pungkasnya. 

H. Abdul Rahman, SE. dan Istri Hj. Winda Bachtiar, SE.

Profil Singkat Rahman

Nama lengkapnya H. Abdul Rahman, SE. Ia lahir di Bangkinang, 27 Juli 1971. Dari Rahim seorang wanita pujaan hatinya, Hj. Winda Bachtiar, SE, Rahman dikaruniai tiga orang anak. Mereka adalah Sonia Zahira Rahman, S.Ked Sania Zahira Rahman, S.Ked dan Atalariq Falah Rahman.

H Abdul Rahman SE (HAR) menamatkan pendidikan setingkat SD, SMP dan SMA di tanah kelahirannya, Bangkinang Kabupaten Kampar, Riau. Dari sana, Rahman merantau jauh ke Kota Padang, lalu melanjutkan kuliah Diploma III di Akademi Perbankan, Sumbar. Dari sana, Rahman melanjutkan petualangannya ke Jambi, menjadi seorang pengusaha. Tanpa kenalan, apalagi sanak keluarga, Rahman nekat merantau ke Jambi.

Bagi H Abdul Rahman SE (HAR), pendidikan adalah nomor satu. Makanya, di samping bekerja, ia sempat mengisi waktu kosong dengan melanjutkan kuliah. Rahman menyelesaikan gelar sarjana ekonomi di Universitas Muhammadiyah.

Masyarakat Jambi mengenal Rahman sebagai pengusaha sukses. Di samping itu, H Abdul Rahman SE (HAR) juga aktif di berbagai organisasi. Misalnya, pernah tiga periode menjabat Ketua KONI Kota Jambi, dari tahun 2009 higga 2021. H Abdul Rahman SE (HAR) dipercaya pula menjabat Bendahara DMI Kota Jambi sejak 2016 hingga sekarang. Rahman juga aktif di organisasi Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Jambi, yang menjabat sebagai Bendahara.

Di partai politik, nama H Abdul Rahman SE (HAR) cukup disegani. Sebelum berlabuh ke Partai NasDem, Rahman pernah tercatat sebagai pengurus inti Partai Golkar dan PAN Provinsi Jambi. Bahkan, nama Rahman sempat digadang-gadang menjadi Cawagub PAW Provinsi Jambi (2018-2021), usulan dari PAN. Nama H Abdul Rahman SE (HAR) kini digadang sebagai salah satu kandidat kuat pengganti Syarif Fasha, sebagai Wali Kota Jambi, masa bakti 2024-2029. 

Masa-masa kegiatan tradisi etnis marga-marga Batak di Kota Jambi yakni "Pesta Bona Taon" H Abdul Rahman SE (HAR) juga tak segan-segan menghadirinya jika diundang. Sudah sekian kali H Abdul Rahman SE (HAR) menghadiri "Pesta Bona Taon" Marga Marga Batak di Kota Jambi. Bahkan pada Minggu 25 Februari 2024, H Abdul Rahman SE (HAR) direncanakan menghadiri "Pesta Bona Taon" Marga Sinaga di GOR Kotabaru Jambi dan Marga Manihuruk di Gedung Budi Mulia Kota Jambi. 

Dukungan masyarakat lintas etnis yang cukup majemuk di Kota Jambi, terus mengalir kepada H Abdul Rahman SE (HAR) untuk maju sebagai Calon Wali Kota Jambi pada pilkada serentak September 2024. (J24-Asenk Lee Saragih) 

Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar