Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Sebanyak 29 Ribu Pemilih Pemula di Provinsi Jambi Belum Punya KTP

Sebanyak 29 Ribu Pemilih Pemula di Provinsi Jambi Belum Punya KTP. (IST)

Jambi, J24-
Sebanyak 29.561 pemilih potensial non KTP elektronik di Provinsi Jambi ternyata belum melakukan perekaman. Mereka adalah pemilih pemula yang pada hari pemungutan suara sudah memenuhi syarat untuk menyalurkan hak pilihnya pada Pemilu 14 Februari 2024 mendatang.

Dari data yang dihimpun, untuk Kabupaten kerinci terdapat 1.743 pemilih non KTP-e yang belum melakukan perekman. Kemudian Merangin 4.799 pemilih, Sarolangun 2.145 pemilih, Batanghari 1.776 pemilih dan Muaro Jambi 3.745 pemilih. 

Berikutnya, Tanjabbar 4.283 pemilih, Tanjabtim 3.190 pemilih, Bungo, 3.648 pmilih, Tebo 2.318 pemilih.  Sedangkan Kota Jambi 1.613 pemilih dan Kota Sungai Penuh 301 pemilih. 

"Berdasarkan data, ada 29.561 pemilih pemula yang belum melakukan perekaman KTP. Terbanyak itu ada di Merangin 4.799 pemilih dan Tanjabbar 4.283 pemilih,” ujar Suparmin, anggota KPU Provinsi Jambi, Selasa (5/12/2023) kemarin.

Kedepan, kata Suparmin, pihaknya berharap sebelum pemungutan suara berlangsung, semuanya pemilih potensial ini sudah melakukan perekaman. “Ini sedang kita kerjakan. Kita sudah dorong agar teman-teman daerah segera menyelesaikan ini,” katanya. 

Ia menyebutkan, pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan pemerintah untuk memastikan semua pemilih pemula ini sudah melakukan perekaman. Hanya saja memang ada beberapa kendala yang terjadi di lapangan petugas dari KPU.

"Paling banyak ditemui itu adalah pemilih potensial ini tidak berada ditempat. Kebanyakan mereka sedang menempuh pendidikan diluar Jambi," katanya. 

Sementara itu, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Provinsi Jambi, Arief Munandar mengatakan pihaknya siap bekerjasama dengan penyelenggara Pemilu untuk menyelesaikan persoalan ini. “Kita siap bekerjasama dan berkolaborasi untuk jemput bola menyelesaikan perekaman. Ini juga merupakan tugas kita di pemerintahan, sekaligus ikut mengsukseskan Pemilu,” katanya Arief Munandar ketika menjadi narasumber dalam acara sosialisasi KPU Provinsi Jambi, Rabu (4/12/2023) kemarin. 

Selaku mantan Kepala Dinas Sosial, Kependudukan, dan Pencatatan Sipil Provinsi Jambi, Arief Munandar mengaku selalu menjadi mitra penyelenggara Pemilu. “Bisa nanti dikumpulkan, kemudian kita siapkan fasilitasnya untuk dilakukan perekaman,” pungkasnya. (J24/JE)

Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar