Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Danrem 042/Gapu Jambi Minta Doa Restu Insan Pers Agar Korem 042/Gapu Naik Status Menjadi Kodam

Danrem 042/Garuda Putih (Gapu) Jambi Brigjen TNI Supriono, SIP, MM.

Jambi, J24
- Saat jamuan Cofee Morning Insan Pers pada Senin, (31/7/2023), Komandan Korem (Danrem) Brigjen TNI Supriono, SIP, MM, meminta doa restu semua wartawan yang hadir di sini agar Korem 042/Garuda Putih (Gapu) Jambi dapat terpilih menjadi salah satu Korem yang akan Naik status menjadi Kodam.

Dikatakan Danrem berdasarkan arahan dari Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto, yang langsung ditindaklanjuti Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dr Dudung Abdurachman, SE, MM sejumlah Komando Resort Militer (Korem) di Indonesia akan naik status menjadi Komando Daerah Militer (Kodam). Salah satu kandidatnya adalah Korem 042/Garuda Putih Jambi.

“Pak Prabowo mengatakan, Korem Type A akan dijadikan Kodam. Kami berebut ini pak, mohon doanya kawan-kawan pers,” ujar Danrem 042/Gapu lulusan Akademi Militer tahun 1991 ini.

Terkait persyaratan Korem 042/Gapu untuk bisa terpilih naik status menjadi Kodam ini, Danrem memastikan semua jajarannya telah siap. Mulai dari kesiapan administrasi bahkan sampai pada penyusunan blueprint.

“Jambi sangat membutuhkan ini pak, dan kita sangat siap untuk naik status menjadi Kodam,” tegas mantan Waassops KSAD Bidang Renops ini.

Tidak  hanya awak media yang mendoakan agar Korem 042/Gapu ini dapat naik status menjadi Kodam. Sejumlah Forkopimda bahkan telah memberikan dukungan langsung kepada Danrem. Seperti dukungan dari Gubernur Jambi Dr Al Haris, S.Sos, MH, Ketua DPRD Provinsi  Jambi Edi Purwanto, SH, I, M.Si, Kapolda Jambi Irjen Pol Drs Rusdi Hartono, M.Si dan Kajati Jambi Elan Suherlan, SH.

Komando Daerah Militer atau Kodam merupakan Komando utama pembinaan dan operasional kewilayahan TNI-AD. Kodam merupakan kompartemen strategis yang memilki tugas pokok menyelenggarakan pembinaan kesiapan operasional atas segenap komandonya dan operasi pertahanan aktif di darat sesuai kebijakan Panglima TNI. 

Sebuah Kodam dipimpin oleh seorang Panglima Daerah Militer atau disingkat Pangdam yang berpangkat Mayor Jenderal (Mayjen TNI).

Saat ini di Indonesia memiliki 15 Kodam : 1. Kodam Iskandar Muda untuk wilayah Pertahanan Aceh, 2. Kodam I/Bukit Barisan, wilayah Pertahanan Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau dan Kepulauan Riau, 

3. Kodam II/Sriwijaya, untuk wilayah Pertahanan, Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung dan Lampung, 4. Kodam Jaya, untuk wilayah Pertahanan Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

5. Kodam III/Siliwangi, Wilayah Pertahanan Banten (kecuali Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang Selatan) dan Jawa Barat (kecuali Kota Depok, Kabupaen Bekasi dan Kota Bekasi), 6. Kodam IV/Diponegoro, Wilayah Pertahanan Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Selanjutnya 7. Kodam V/Brawijaya, Wilayah Pertahanan Jawa Timur dan Pulau Madura, 8. Kodam VI/Mulawarman, untuk wilayah Pertahanan Kalimantan Selatan, Kalmantan Timur, dan Kalimantan Utara.

9. Kodam IX/Udayana, untuk wilayah Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur, 10. Kodam XII/Tanjungpura, untuk wilayah Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah, 11.  Kodam XIII/Merdeka, untuk wilayah Pertahanan Sulawesi Utara, Gorontalo dan Sulawesi Tengah. 

Serta, 12. Kodam XIV/Hasanuddin, untuk wilayah Pertahanan Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tenggara, 13. Kodam XVI/Pattimura, untuk wilayah Pertahanan Maluku Utara dan Maluku, 14. Kodam XVII/Cenderawasih, untuk wilayah Pertahanan Papua dan  15. Kodam XVIII/Kasuari, untuk wilayah Pertahanan Papua Barat.

Semoga saja, Korem 042/Garuda Putih (Gapu) Jambi dapat segera menyusul menjadi Komando Daerah Militer berikutnya. (J24 - Fendi Sinabutar).

Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar