Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Pesta Bona Taon Dan Perayaan HUT Ke 20 Tahun Punguan Pomparan Butar Raja Se Kota Jambi Sekitarnya Meriah

Punguan Pomparan Butar Raja, Boru, Bere, Ibebere se Kota Jambi Nahumaliangna dalam  acara Pesta Partangiangan Bona Taon Punguan sekaligus dirangkai dengan Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Punguan yang ke 20 tahun (22/2/2004 - 22/2/2024).

KLIK: Galeri Foto 
Pesta Bona Taon Dan Perayaan HUT Ke 20 Tahun Punguan Pomparan Butar Raja Se Kota Jambi Sekitarnya

Jambi, J24 – “Hanya karena Anugerah, Kasih Karunia dan Pertolongan Yesus Kristus, yang melekat di dalam hidup dan kehidupan anggota punguan, akhirnya dapat melangkah ke awal tahun 2024 ini, dalam keadaan sehat yang walaupun banyak pergumulan hidup yang dilalui, sepanjang tahun 2023.”

Ungkapan di atas diamini anggota Punguan Pomparan Butar Raja, Boru, Bere, Ibebere se Kota Jambi Nahumaliangna dalam  acara Pesta Partangiangan Bona Taon Punguan sekaligus dirangkai dengan Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Punguan yang ke 20 tahun (22/2/2004 - 22/2/2024).

Perhelatan acara ini dilaksanakan di Gedung Serba Guna GKPS Kotabaru Jambi, Minggu (25/2/2024). Pesta yang dihadiri sekitar 100 orang  (termasuk anak-anak) ini  sekaligus merupakan ajang silaturahmi, diantara sesama anggota punguan, mereka datang  dari penjuru Kota Jambi bahkan dari Muara Tembesi Kabupaten Batanghari dan Sungai Bahar Kabupaten Muarojambi dengan penuh suka cita.

Pesta Partangiangan Bona Taon 2024 ini mengambil Tema: “Sehati Sepikirlah Kamu dan Hiduplah Dalam Damai Sejahtera (2 Korintus 13:11b)  dan Subtema : “Dengan Semangat Pesta Partangiangan Bona Taon Kita Tingkatkan Kebersamaan dan Persaudaraan Pomparan Butar Raja, Boru, Bere, Ibebere  se Kota Jambi dan sekitarnya Dalam Kasih Yesus Kristus.”

Acarapun dilanjutkan dengan seremoni ibadah yang dipimpin langsung oleh Pdt Eka Putra WN Manalu, S.Th Pimpinan Jemaat HKBP Agave Mendalo Darat Resort HKBP Jambi 1 Distrik XXV Jambi, dengan mengambil Naats dari Alkitab 2 Korintus 13;11b, sementara liturgis diperankan Pnt L Br Pasaribu yang sehari-hari melayani di GPIB Jemaat Marturia Jambi.

Selanjutnya song leader Ny J Sinabutar Br Simarmata, Ny Simangunsong Br Sinabutar dan Ny F Sinabutar Br Simarmata, organis Diny Cecilia Sinabutar dan doa syafaat dipanjatkan oleh Apa Nanda Sinabutar/Br Rajagukguk selaku Ketua Punguan. 

Setelah selesai ibadah, dilaksanakan acara Perayaan HUT Punguan yang ke 20 tahun, Punguan Pomparan Butar Raja Boru, Bere, Ibebere se Kota Jambi Nahumaliangna terbentuk Minggu, 22/2/2004 dan sekaligus diadakan Bona Taon Perdana. 

Protokol Apa Jhon Sinabutar/Br Malau memimpin acara HUT Punguan yang ke 20 tahun, dengan suara lantang dan penuh wibawa mengajak semua hadirin untuk bangkit berdiri dan mengucapkan Selamat Hari Ulang Tahun Punguan yang ke 20 tahun, tanpa dikomando langsung bernyanyi bersama, diringi dengan organis yang diperankan Diny Cecilia Sinabutar.

Dari luar gedung kue Tar dengan bertuliskan 20 tahun dihiasi  lilin yang telah dinyalakan Ny Sinaga Br Sinabutar membawa dengan langkah plan tapi pasti menuju altar gedung, semua hadirin dengan heboh dan bergembira menyambutnya.
Merekapun mengitari kue ulang tahun tersebut sekaligus dilakukan pemotongan kue oleh Op Gavra Sinabutar/Br Simbolon selaku penasehat dan berturut-turut dilakukan oleh pengurus punguan dan langsung diberikan kepada anggota punguan, suasana gembira dan penuh rasa syukur mereka perlihatkan bersama. Acara HUT ke 20 tahun punguan ini dirangkai dengan Pesta Partangiangan Bona Taon. 

Setelah selesai acara pemotongan kue HUT ke 20 tahun punguan dilanjutkan dengan makan bersama.  Selama acara makan berlangsung, Sabas Musik menyanyikan lagu “Margogo Ijur Bari” dan lagu - lagu lawas Batak dinyanyikan dengan manis dan apik membuat mereka semakin dapat menikmati hidungan yang telah disediakan. Terlihat pihak hela, boru, bere dan ibebere dengan telaten “Makkobasi” segala kebutuhan pesta sehinbgga semua hadirin dapat menikmati dengan hikmat.

Sebelum acara hiburan dan manortor Ketua Punguan Apa Nanda Sinabutar/Br Rajagukguk memberikan cindra mata kepada dongan tubu (marga Sinabutar) yang hadir di pesta ini datang dari Muara Tembesi Kabupaten Batanghari  Kel  Apa Kristian Sinabutar/Br Simanujuntak  dan Kel Sahat P Sinabutar/Br Lumbantobing dari Sungai Bahar Kabupaten Muarojambi.

Acarapun dilanjutkan. Pemandu Acara atau Protokol diperankan Apa Jhon Sinabutar / Br Malau membacakan tertib acara. Sebelum acara tortor terlebih dahulu diadakan mambuat tua ni gondang yang dipandu Apa Jhon Sinabutar/Br Malau, acara ini terlihat khusuk dan hikmat, ketika hula-hula manortor mengayomi pihak hela, boru, bere, ibebere terlihat mereka meneteskan air mata pertanda rasa kebahagian menyatu di antara mereka. 

Selanjutnya Perayaan  dan Hiburan dilaksanakan diawali dengan kata sambutan  Ketua Punguan Pomparan Butar Raja, Boru, Bere, Ibebere se Kota Jambi Nahumaliangna Apa Nanda Sinabuitar/Br Rajagukguk sekaligus membacakan laporan keuangan dari Bendahara oleh Apa Yuly Simbolon/Br Pasaribu.

Selanjutnya acara manortor.suasana semakin meriah dan semarak mereka manortor bersama dan berjoget ria  mengikuti alunan Sabas Musik sembari mangolopi dan memberikan saweran, hal ini dilakukan untuk menambah kas Punguan. Berjam-jam mereka manortor bersama  tidak merasa lelah, terlihat kebersamaan itu menyatu diantara sesama anggota. 

Kiranya kebersamaan yang mereka pertontonkan jangan cepat berlalu, namun abadi sepanjang masa dan saling memiliki dan dimiliki, saling peduli antara sesama anggota dan saling menguatkan di tengah kenyataan hidup yang kian kompleks ini. 

Setelasi selesai sesi manortor diadakan penarikan undian berhadiah, berragam hadiah hiburan disediakan panitia, namun semuanya berbentuk sembako. Dan doorprize pun disediakan penarikan hadiah utama ini sesuai dengan nomor daftar hadir.

Acarapun berakhir doa penutup disampaikan Apa Diny Sinabutar/Br Simarmata, setelah selesai, dilaksanakan penarikan hadiah utama. Lagu Oh,,, Tano Batak berkumandang pertanda cara berakhir merekapun saling salam - salaman dan pulang ke rumah masing - masing dengan penuh suka cita. (J24/Fendi Sinabutar).



Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar