Info Terkini

10/recent/ticker-posts

BKIPM Jambi Serahkan Ikan Aligator ke Kebun Binatang Taman Rimba

Penyerahan ikan aligator oleh pihak BKIPM Jambi kepada pengelola Kebun Binatang Taman Rimba

Penyerahan ikan aligator oleh pihak BKIPM Jambi kepada pengelola Kebun Binatang Taman Rimba metrojambi.com
JAMBI – Balai Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Ikan (BKIPM) Jambi, Senin (6/8/2018), menyerahkan tiga ekor ikan aligator atau ikan invasif kepada pihak Kebun Binatang Tama Rimba Jambi. Sebelumnya, ikan aligator tersebut diterima BKIPM Jambi dari warga yang menyerahkannya secara sukarela. 

Mario A Yudistira dari BKIPM Jambi mengatakan, penyerahan ikan aligator ke Kebun Binatang Taman Rimba adalah sebagai bentuk edukasi kepada masyarakat. Dikatakan Mario, selama dibukanya posko penyerahan ikan predator dan invasif oleh BKIPM Jambi, pihaknya telah menerima sebanyak 21 ekor ikan predator, yang semuanya jenis aligator. 

Dari 21 ekor ikan aligator yang diterima BKIPM Jambi, hanya 3 ekor yang akan diserahkan kepada pihak Kebun Binatang Taman Rimba. Sedangkan 18 ekor sisanya, Mario mengatakan akan dimusnahkan. 

"Ketiga ekor ikan aligator itu diserahkan kepada UPTD Dinas Peternakan untuk sarana edukasi kepada masyarakat, sekaligus sebagai bentuk sosialis atau himbauan kepada masyarakat," kata Mario.

Sementara itu, Kepala UPTD Kebun Binatang Taman Rimba Jambi Taupiq Bukhari mengucapkan terima kasih atas penyerahan ikan Alligator ke Taman Rimba Jambi dan dengan penyerahan ikan tersebut dapat menambah koleksi binatang yang dimiliki Kebun Binatang Taman Rimba Jambi.

"Ini sebagai edukasi untuk masyarakat terutama kepada anak-anak. Kita juga sering dapat kunjungan dari sekolah dan nanti kita akan dampingi dan akan mensosialisasikan bahaya ikan predator tersebut," kata Taufiq.

Untuk sementara waktu, ikan predator tersebut akan tempatkan di dalam kolam, karena pihak Taman Rimba belum memiliki aquarium untuk tempat ikan tersebut dan rencananya akan dibangun akuarium tersebut.(*)

Sumber: Metrojambi.com

Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar