Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Ketua PWI Kota Jambi Irwansyah Janji Buat Gebrakan Peningkatan SDM Wartawan Lewat UKW

Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Cabang Kota Jambi Periode 2023-2026 Irwansyah. (Foto: Asenk Lee Saragih)

Jambi, J24-Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Cabang Kota Jambi Periode 2023-2026 Irwansyah berjanji akan memajukan organisasi PWI Cabang Kota Jambi dengan menjalin kerjasama dengan instansi lain. Bahkan dirinya akan membuat gebrakan peningkatan profesi wartawan di Kota Jambi secara khusus dengan melakukan Uji Kompetensi Wartawa (UKW).

Hal itu diungkapkan Irwansyah kepada wartawan disela-sela Pelantikan Pengurus PWI Cabang Kota Jambi Periode 2023-2026 oleh Ketua PWI Provinsi Jambi H Ridwan Agus Depati di Gedung Dharana Lastarya BNNP Jambi, Kotabaru, Kota Jambi, Senin (12/6/2023). Surat Keputusan (SK) kepengurusan dibacakan oleh Sekretaris PWI Provinsi Jambi Drs Arwani.

Acara pelantikan meliputi Pembukaan, Tari Sekapur Sirih, Doa, Menyanyikan Lagu Indonesia Raya, Laporan Ketua Panitia, Prosesi Pelantikan Pengurus PWI Kabupaten Muarojambi, Sambutan Ketua PWI Provinsi Jambi H Ridwan Agus DPT dan lainnya dan diakhiri foto bersama.

Menurut Irwansyah, PWI Cabang Kota Jambi kedepan harus bisa menjalin sinergitas dengan instansi yang lain, seperti TNI, Polri dan lembaga yang lain. Hal ini penting guna membangun organisasi PWI yang lebih baik lagi kedepan.

“Program utama kami kedepan adalah peningkatan sumber daya manusia (SDM) wartawan yang ada di Kota Jambi. Peningkatan SDM ini menjadi tantangan karena seiring dengan pesatnya perkembang media siber. Salah satu program kami nantinya adalah melaksanakan UKW,” katanya.

Disebutkan, pertumbuhan media siber saat ini tidak diimbangi dengan peningkatan SDM para wartawan karena minimnya tenaga lembaga penguji UKW. Selain itu belum berjalannya kerjasama dengan pihak pemerintah atau pihak swasta dalam mendukung peningkatan SDM wartawan lewat pelaksanaan UKW.

“Pelaksanaan UKW ini menjadi salah satu solusi bagi para jurnalis yang menggeluti dunia media siber yang cukup berkembang saat ini. Peningkatan SDM wartawan menjadi keharusan dan ini juga jadi tanggung jawab organisasi PWI Cabang Kota Jambi secara khusus,” ujar Irwansyah, yang juga wartawan berusia muda ini.

Dirinya juga berharap agar segenap pengurus PWI Cabang Kota Jambi yang dilantik solid dan saling membangun organisasi sebagai sebuah organissai profesi yang terhormat dan disegani.

Sementara Ketua PWI Provinsi Jambi H Ridwan Agus Depati dalam sambutannya mengatakan bahwa organisasi Pers khususnya PWI merupakan organisasi tertua bagi wartawan, sehingga PWI terus menjalin sinergitas baik Pemerintah, Masyarakat, TNI, Polri, dan instansi lainnya serta organisasi Pers lainnya.

“Kepada pengurus PWI Cabang Kota Jambi yang baru dilantik untuk mengibarkan bendera organisasi PWI di Kota Jambi dengan baik. Nama PWI harus dijaga dan juga menjalin kemitraan dengan baik,” katanya.

H Ridwan Agus Depati yang menjabat sebagai Ketua PWI Provinsi Jambi sejak 26 Juni 2019 lalu juga berpesan untuk menjaga nama baik organisasi PWI Cabang Kota Jambi sehingga dalam menjalankan kode etik jurnalistik terus berjalan sesuai dengan koridor.

“Saya meminta kepengurusan PWI Cabang Kota Jambi solid dan kompak. Jangan ada oknum pengurus yang “menjual” organisasi PWI untuk kepentingan pribadi dan golongan. Tapi bawa organisasi PWI untuk kepentingan bersama demi kemajuan organisasi PWI Cabang Kota Jambi. Jangan lupa agar dalam menjalankan organisasi agar tetap pada Visi dan Misi PWI,” katanya.

Nama-nama Pengurus 

Berikut susunan pengurus PWI Cabang Kota Jambi Masa Bakti 2023-2026:

Ketua : Irwansyah A (Serambijambi)
Sekretaris : M Hafizh Alatas (Jambi Ekspres) 
Wakil Sekretaris: Ali Ahmadi (Jambi One)
Bendahara : Surya Pratama SH (Pilarjambi)
Wakil Ketua Bidang Organisasi : Saprizal Pradaria Zebua SPd (Jambi Independen) 
Wakil Ketua Bidang Hukum dan Advokasi : Bahktiar (Jambi TV) 
Wakil Ketua Bidang Pendidikan Dan Kompetensi Wartawan : Khotib Sharbini (Jambi One)  
Ketua Seksi Wartawan Olahraga (SIWO) : Andri Briliant Avolda (Jambi Ekpres).

Kepengurusan PWI yang telah terbentuk di Provinsi Jambi yakni PWI Kabupaten Tanjung Jabung Barat, PWI Kabupaten Tanjung Jabung Timur, PWI Kabupaten Merangin, PWI Batanghari, Pengurus PWI Cabang Kota Sungaipenuh, PWI Kabupaten Kerinci, PWI Kabupaten Muarojambi dan PWI Cabang Kota Jambi. (Asenk Lee Saragih)

Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar