Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Jelang Puasa Ramadhan 1445 H, Lima Jenis Bansos Bakal Cair

Anggota DPD RI Dra Hj Elviana MSi saat memberikan Beasiswa Program Indonesia Pintar di SMPN 14 Kota Jambi Desember 2023 lalu.

Jambi, J24
-Pemerintah Pusat akan menyalurkan lima jenis bantuan sosial (bansos) jelang bulan Suci Ramadhan 1445 H Tahun 2024. Adapun bansos yang bakal diterima oleh Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yakni beragam berbentuk, antara lain Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Langsung Tunai (BLT) Mitigasi Risiko Pangan, Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT), Bantuan Beras 10 Kg, dan Program Indonesia Pintar (PIP).

Dari relis Kementerian Sosial RI, PKH adalah bansos yang diberikan kepada 10 juta KPM yang terdiri dari ibu hamil/nifas, anak usia dini, anak sekolah, penyandang disabilitas berat, dan lanjut usia.

PKH diberikan per tiga bulan sekali, dan pada Februari 2024 ini merupakan pencairan triwulan pertama. Besaran bantuan yang diterima KPM bervariasi, mulai dari Rp 225 ribu hingga Rp 750 ribu per tiga bulan, tergantung kategori KPM.

BLT Mitigasi Risiko Pangan adalah bansos baru yang diberikan kepada 18,8 juta KPM yang terdampak perubahan musim dari kemarau menjadi hujan akibat fenomena El Nino.

BLT ini bertujuan untuk membantu masyarakat mengatasi kenaikan harga pangan dan menjamin ketahanan pangan nasional. BLT ini diberikan sebesar Rp 600 ribu per KPM selama tiga bulan, yaitu Februari, Maret, dan April 2024.

BPNT adalah bansos yang diberikan kepada 18,8 juta KPM yang sama dengan penerima BLT Mitigasi Risiko Pangan. BPNT ini bertujuan untuk memberikan akses pangan yang berkualitas dan terjangkau bagi masyarakat miskin.

BPNT ini diberikan melalui kartu elektronik yang dapat digunakan untuk membeli bahan pangan di e-warung yang tersebar di seluruh Indonesia. Besaran bantuan yang diterima KPM adalah Rp 200 ribu per bulan.

Bantuan Beras 10 Kg adalah bansos yang diberikan kepada 10 juta KPM yang sama dengan penerima PKH. Bantuan ini bertujuan untuk memberikan tambahan pangan karbohidrat bagi masyarakat miskin.

Bantuan ini diberikan dalam bentuk beras medium yang dikemas dalam karung berukuran 10 kg. Bantuan ini diberikan setiap bulan selama tahun 2024.

PIP adalah bansos yang diberikan kepada 20 juta siswa dari keluarga miskin yang bersekolah di jenjang pendidikan dasar, menengah, dan tinggi. PIP ini bertujuan untuk meningkatkan akses dan mutu pendidikan bagi masyarakat miskin.

PIP ini diberikan dalam bentuk uang tunai yang ditransfer ke rekening bank siswa. Besaran bantuan yang diterima siswa bervariasi, mulai dari Rp 450 ribu hingga Rp 1 juta per tahun, tergantung jenjang pendidikan. (J24-Red)

Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar