Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Percepatan Tol Trans Sumatera: Seksi 3 Bayung Lencir - Tempino Muarojambi Masih Terkendala Pembebasan Lahan

Pj Bupati Musi Bayuasin (MUBA) Apriyadi meninjau pembangunan jalan tol di Bayung Lencir, Kabupaten Muba, Senin (1/1/2024) lalu. (Foto: Humas Pemkab Muba)

Jambi, J24-
Percepatan progres pembangunan ruas tol Trans Sumatera (JTTS) seksi 3 di Bayung Lencir Tempino (Baleno) masih terkendala pembebasan lahan warga. Namun demikian, progres pembangunan jalan ton itu hingga awal April 2024 sudah mencapai 72 persen.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Perencanaan dan Pengawasan Satuan Kerja Pembangunan Jalan Bebas Hambatan (PBJH) Provinsi Jambi, Joko Santoso kepada wartawan mengatakan, progres pekerjaan telah sesuai dengan rencana triwulan II tahun 2024. Ruas tol ini memiliki total panjang 15,47 kilometer.

"Progres Tol Baleno Seksi 3 sudah mencapai 72 persen, dan sesuai target ini masih on the track. Saat ini, pekerjaan yang sedang dilakukan meliputi galian, timbunan, pembuatan drainase, dan pemasangan Pile Slab sepanjang 3,7 kilometer," kata Joko.

"Kami juga sedang mengerjakan timbunan dak, namun jika hujan terjadi, penambahan pekerjaan menjadi terhambat. Masih adanya kendala yang perlu diatasi, terutama terkait pembebasan lahan yang belum sepenuhnya selesai," ujar Joko.

Salah satunya adalah lahan yang masih belum bebas di interchange, serta di STA 141 dan 146 untuk pengalihan arus sungai dan drainase samping, juga di akses Simpang Sebidang (Exit Tol).

"Total kurang 5 hektare lahan lagi yang harus dibebaskan, namun tidak secara menyeluruh di satu titik, melainkan tersebar di beberapa lokasi," jelasnya.

Saat ini, proses masih berada pada tahap sosialisasi, di mana masyarakat diberikan kesempatan untuk memberikan tanggapan terhadap nilai apraisal. "Setelah menerima, baru dilanjutkan tahap pembayaran ganti rugi," tambahnya. (J24-Red)

Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar