Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Dukungan KTP "Tembak Diatas Kuda", Pardomuan Siregar Gagal Maju Jalur Perseorangan Pilkada Kota Jambi


Jambi, J24
-Diduga menyerahkan dukungan fiktif warga Kota Jambi dengan mengumpulkan 48.800 dukungan yang diserahkan kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Jambi, ternyata hanya 22.276 yang diterima oleh KPU. Dari 22.276 dukungan KTP itu, hanya 1.194 yang dinyatakan lengkap untuk Pardomuan Siregar.

Sebelumnya Pardomuan Siregar, mantan Anggota DPRD Kota Jambi Periode 2014-2019 mendeklerasikan dirinya dihadapan wartawan akan maju lewat jalur perseorangan pada Pilkada Kota Jambi 27 November 2024. Bahkan dirinya telah memperoleh 50 ribu dukungan KTP warga Kota Jambi yang tersebar di tujuh kecamatan. Pardomuan Siregar adalah anak kedua dari lima bersaudara Samiun Siregar yang akrab dikenal Paku Siregar.

Dukungan yang diserahkan ke KPU Kota Jambi tidak memenuhi syarat minimal dukungan. Berkas pencalonan dan dukungan Pardomuan Siregar dikembalikan penyelenggara. Ini sekaligus memastikan bahwa Pilwako Jambi 2024 minus kandidat calon perseorangan.

Ketua KPU Kota Jambi Denny Rahmat kepada wartawan mengatakan bahwa dari 48.800 dukungan yang diserahkan, ternyata hanya 22.276 yang diterima oleh KPU. Ternyata yang dinyatakan lengkap untuk Pardomuan hanya 1.194 dukungan.


"Dari hasil penghitungan yang kami lakukan, ternyata dukungan ke Pardomuan Siregar hanya 1.194. Dari hasil pemeriksaan, banyak berkas dukungan justru ditujukan untuk Samiun Siregar, bukan Pardomuan Siregar. Ada tiga jenis yang kami temukan, yang paling banyak dukungan untuk Samiun Siregar, ayah dari Pardomuan Siregar yakni 22.276, yang kedua dukungan kosong, dan yang terakhir untuk Pardomuan Siregar. Maka dari itu kami kembalikan berkas," ujarnya.

Dengan hasil ini, Pardomuan Siregar dipastikan gagal ikut pilkada serentak 2024 dari jalur perseorangan, karena kurangnya dukungan. "Tidak Memenuhi Syarat (TMS), makanya berkas kami kembalikan","katanya.

Sementara itu, dengan hasil ini Pardomuan Siregar mengaku tidak putus asa. Pihaknya masih akan terus berupaya, melalui jalur partai. "Kita terus maju, kita sudah mendaftar di banĂ¿ak partai dan optimis akan mendapat dukungan. Kita sudah berkomunikasi dengan partai politik,"katanya. 

Seperti diberitakan sebelumnya, H Samiun Siregar yang kerap di sapa Paku Siregar adalah pria kelahiran 10 Agustus 1961, merupakan mantan anggota DPRD Kota Padang Sidempuan periode 2009-2014 yang kini menetap di Kota Jambi sebagai pengusaha migas. 

Awalnya, H Samiun Siregar berniat akan maju pada pemilihan Walikota Jambi pada Pilkada 2024 melalui jalur independen. Namun pria kelahiran 10 Agustus 1961 yang pernah menjabat Kepala Desa Pintu Langit Jae, batal maju dan mengusung putra keduanya Pardomuan Siregar sebagai penggantinya maju di Pilkada Kota Jambi 2024.

Berkat didikan H Samiun Siregar, keempat anaknya juga berhasil menjabat sebagai anggota DPRD Kota Jambi bergantian dua periode. Pada Pileg 2014, Samiun Siregar berhasil menaikkan anak kedua dan ketiganya sebagai anggota DPRD Kota Jambi yakni Pardomuan Siregar dan Paris Siregar periode 2014-2019. 

Kemudian pada Pemilu 2019, anak pertama dan keempatnya juga berhasil naik menjadi anggota DPRD Kota Jambi yaitu Martua Muda Siregar dan Maya Fitria Siregar periode 2019-2024 dari PKB. 

Kini Samiun Siregar yang sebelumnya menyatakan siap maju Pilkada Kota Jambi, ternyata mendorong sang anak Pardomuan Siregar maju jalur perseorangan. pada Pilkada Kota Jambi 27 November 2024 mendatang. Bahkan, saat ini timnya sudah mengumpulkan 50 ribu lebih dukungan KTP sebagai syarat mendaftar. (J24-Red/AsenkLee)

Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar