Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Setiap Tanggal 29 Mei Diperingati Hari Lanjut Usia Nasional "Lansia Terawat Indonesia Bermartabat"


Jambi, J24 - Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) diperingati setiap tahunnya pada 29 Mei di Indonesia. Berikut ini tema dan sejarah Hari Lansia Nasional 2024. Hari ini Rabu, 29/5/2024 diperingati sebagai bentuk apresiasi terhadap peran penting para lanjut usia dalam mempertahankan kemerdekaan dan memajukan bangsa.

Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) Rabu, 29 Mei 2024 mengusung tema, "Lansia Terawat, Indonesia Bermartabat".

Tema ini menekankan pentingnya perawatan dan penghargaan terhadap lansia, serta memastikan bahwa mereka hidup dengan sejahtera.

Tema ini juga bertujuan untuk memastikan bahwa lansia mendapatkan perawatan yang layak dan dihormati, sehingga mereka dapat hidup dengan bahagia.

Dengan peringatan HLUN, diharapkan masyarakat semakin sadar akan pentingnya menghargai dan merawat para lanjut usia, yang telah memberikan banyak kontribusi bagi kemajuan dan pembangunan bangsa.

Sejarah Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) dimulai dari peran Dr KRT Radjiman Widyodiningrat, seorang tokoh yang sangat berpengaruh dalam sejarah Indonesia, yaitu Ketua BPUPKI 1945.

Untuk menghormati dan mengapresiasi peran serta kontribusi para lanjut usia, terutama dalam perjuangan kemerdekaan dan pembangunan bangsa, pemerintah Indonesia mencanangkan Hari Lanjut Usia Nasional.

HLUN pertama kali dicanangkan secara resmi oleh Presiden Republik Indonesia Soeharto pada tanggal 29 Mei 1996 di Semarang Provinsi Jawa Tengah

Sejak itu, tanggal 29 Mei setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Lanjut Usia Nasional. Peringatan HLUN bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya peran lanjut usia dalam pembangunan negara, serta memberikan penghormatan dan penghargaan kepada mereka.

Selain itu, HLUN juga bertujuan untuk mendorong upaya-upaya yang lebih nyata dalam meningkatkan kesejahteraan para lanjut usia di Indonesia. (J24/FS)

Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar