Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Kakanwil Lantik Roberson Pakpahan Sebagai Pembimas Kristen dan Suhardi Sebagai Pembimas Hindu Kanwil Kemenag Jambi

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi, H. Zoztafia secara resmi melantik Pembimbing Masyarakat Kristen dan Hindu yakni Roberson Pakpahan sebagai Pembimbing Masyarakat Kristen dan Suhardi sebagai Pembimbing Masyarakat Hindu. Pelantikan dua orang itu dilakukan Kanwil Kemenag Jambi di aula kantor Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi, Rabu (5/6/2024).

Jambi, J24-Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi, H. Zoztafia secara resmi melantik Pembimbing Masyarakat Kristen dan Hindu yakni Roberson Pakpahan sebagai Pembimbing Masyarakat Kristen dan Suhardi sebagai Pembimbing Masyarakat Hindu. Pelantikan dua orang itu dilakukan Kanwil Kemenag Jambi di aula kantor Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi, Rabu (5/6/2024).

Kakanwil H. Zoztafia menegaskan bahwa pengangkatan kedua Pembimas tersebut sudah melalui proses seleksi administratif dan asesmen sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang mengatur.

Kakanwil menuturkan bahwa provinsi  Jambi adalah negeri yang aman dan nyaman, dimana kehidupan keagamaan umat beragama penuh kedamaian. Hal inilah yang menjadi tugas dan fungsi Kementerian Agama untuk mempertahankan, bahkan semakin memperkuat keamanan dan kenyaman kehidupan umat beragama tersebut.

Apalagi, tantangan yang semakin tinggi dalam menjaga kerukunan umat beragama karena suasana kehidupan keagamaan yang jauh berbeda dari sebelumnya akibat perkembangan teknologi komunikasi.

Oleh karena itu, Kementerian Agama harus mampu menyikapi perkembangan arus globalisasi tersebut agar tidak berpengaruh negatif pada kehidupan keagamaan umat beragama.

“Kemudahan arus informasi digital diharapkan tidak mengakibatkan destruktif terjadinya gesekan-gesekan berlatar belakang perbedaan, sehingga mengakibatkan perpecahan uamt beragama,” ujar Kakanwil.

Kakanwil menegaskan bahwa tugas dan fungsi Kementerian Agama untuk mengelola kehidupan kehidupan keagamaan umat beragama dengan baik. Dan mendorong agar umat beragama dapat menunjukkan sikap hidup beragama secara moderat dengan menerapkan perilaku menghindari kekerasan, memahami ajaran agamanya secara baik tanpa mempermasalahkan ajaran ajaran agama lainnya, menghargai perbedaan ajaran agama dan kepercayaan tersebut.

Kakanwil meminta agar Pembimas yan merupakan bagian dari pemerintah yang hadir sebagai pembimbing umat dapat memfasilitasi dan memenuhi pelayanan kehidupan keagamaan umatnya hingga ke seluruh penjuru daerah provinsi  Jambi. 

''Jadi, Pembimas tidak hanya berdiam dalam rutinitas di kantor. Terpenting adalah bagaimana umat terlayani dengan baik. Jangan sampai umatnya merasa sendiri, tidak terlayani, terutama yang tinggal di pelosok terfasilitasi kehidupan keagamaannya,” seru beliau.

Kehadiran Pembimas di tengah-tengah kehidupan masyarakat adalah sebagai penguat kehidupan umat, sehingga kehadiran pemerintah melalui Kementerian Agama dengan peran aktif Pembimasnya, maka umat merasakan negara telah hadir dalam melayani kebituhan keagamaan umat berdasarkan peraturan perundang-undnagan.

Oleh karena itu, Pembimas harus nyata turun langsung hadir dan menyatu dengan kehidupan umatnya.

Seluruh jajaran Kanwil Kemenag  Jambi mendukung penuh kehadiran kedua Pembimas yang baru dilantik agar dapat memberikan kinerja terbaiknya dalam melayani kehidupan keagamaan umat beragama.

Sinergitas komunikasi dan koordinasi, dalam membangun harmonisasi hubungan baik internal maupun eksternal, bahkan lintas sektoral harus terjaga dengan baik demi kesuksesan pelayanan keagamaan bagi umat bergaama.

Suhardi selaku Pembimas Hindu yang baru menjabat merasa bersyukur dapat bergabung menjadi bagian dari keluarga besar Kanwil Kemenag . Beliau sangat berharap dapat membangun kehidupan keagamaan umat Hindu di provinsi . “Semoga umat Hindu selalu dapat beribadah dan diterima dengan baik, sehingga dapat memperkokoh kemajuan bangsa dan negara,” ungkap beliau.(J24-Red)

Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar