Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Di Paripurna Dewan, Ivan Wirata Kritik Pj Bupati Muarojambi Punya Agenda Terselubung Suksesi Pilkada Muarojambi 2024

Foto: Asenk Lee Saragih.

Jambi, J24-
Anggota DPRD Provinsi Jambi Frasi Golkar Dapil Kabupaten Muarojambi-Batanghari H Ivan Wirata secara terbuka di Sidang Paripurna DPRD Provinsi Jambi mengkritik Penjabat (Pj) Bupati Muarojambi Bachyuni Deliansyah yang memiliki agenda politik terselubung jelang suksesi Pilkada Muarojambi 2024. Kritik Ivan Wirata itu juga dihadapan Sekda Provinsi Jambi Sudirman.
 
Kritikan pedas itu disampaikan Ivan Wirata pada Rapat Paripurna DPRD Provinsi Jambi Tentang Evaluasi Mendagri Terhadap RAPBD Provinsi Jambi Tahun 2024 di Gedung Utama DPRD Provinsi Jambi, Selasa (9/1/2024). Rapat Paripurna ini hanya dihadiri 18 dari 55 Anggota DPRD Provinsi Jambi dan juga hanya dipimpin seorang Pimpinan DPRD Provinsi Jambi yakni Burhanuddin Mahir.

“Saya mohon ini jadi perhatian pak Sekda Provinsi Jambi, terhadap ketidak netralan Pj Bupati Muarojambi terkait dengan Pemilu 14 Februari 2024 dan suksesi Pilkada Muarojambi. Selaku Pj Bupati Muarojambi seharusnya menjaga netralitas agar Pemilu berjalan dengan baik. Tapi dari pengamatan saya dilapangan, Pj Bupati Muarojambi  Bachyuni Deliansyah memiliki agenda pribadi menuju suksesi Pilkada Muarojambi,” kata Ivan Wirata serata lantang di forum paripurna. 


Menurut Ivan Wirata, seharusnya Pj Bupati Muarojambi melaksanakan tugas yang telah diberikan kepadanya yakni menjadi kelapa daerah yang netral, karena Bachyuni Deliansyah adalah seorang Aparatur Sipil negara (ASN) yang kini masih menjabat sebagai Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jambi di bawah kepemimpinan Gubernur Jambi Al Haris.

“Banyak kami temukan baliho Pj Bupati Muarojambi Bachyuni Deliansyah di wilayah Muarojambi tentang himbauan kebakaran hutan. Seharusnya baliho itu dibuat di seluruh kabupaten di Provinsi Jambi karena dirinya menjabat sebagai Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jambi,” ujar Ivan Wirata.

Menanggapi hal itu, Wakil Ketua DPRD Provinsi Jambi Burhanuddin Mahir meminta ketegasan Sekda Provinsi Jambi selaku ‘Panglima” tertinggi ASN di Provinsi Jambi untuk menegor dan memperingati Pj Bupati Muarojambi Bachyuni Deliansyah agar menahan diri terperangkap dalam suksesi Pilkada Muarojambi 2024 dan menjalankan tugasnya selaku Pj Bupati Muarojambi dengan amanah.

Pada kesempatan itu, Sekda Provinsi Jambi Sudirman mengungkapkan, agar semua pihak, termasuk anggota dewan melaporkan ASN yang tidak netral dan memilik agenda tertentu dalam Pemilu 2024 dan suksesi Pilkada 2024.

“Semua pihak bisa melaporkan oknum ASN yang berpolitik praktis, tidak netral ke Bawaslu dan juga bisa ke Gubernur Jambi. Agar ASN yang melanggar itu bisa ditindak dan diberikan sanksi hingga pemecatan jadi ASN,” ujar Sudirman. 

Gubernur Jambi Al Haris Tak Netral

Pada kesempatan itu, Ivan Wirata juga menuding Gubernur Jambi Al Haris tidak netral jelang Pemilu 14 Februari 2024. Baru-baru ini Gubernur Jambi Al Haris membagikan program Dumisake di wilayah Muarojambi dan hanya mengundang Anggota DPRD Provinsi Jambi Fraksi PAN. 

“Pak Sekda, tolong juga diingatkan Gubernur Jambi Al Haris agar bersikap netral saat kunjungan kerja di daerah. Seperti yang dilakukan Gubernur Jambi Al Haris di Muarojambi baru-baru ini. Penyaluran bantaun seharusnya mengundang semua anggota dewan dapil Muarojambi tanpa terkecuali, karena bantaun yang diberikan itu adalah juga pokok pikiran dewan,” terang Ivan Wirata. 

Secara tegas, Ivan Wirata mengingatkan Gubernur Jambi Al Haris agar tidak memanfaatkan jabatan untuk tujuan politik tertentu. Karena Al Haris adalah gubernur masyarakat Provinsi Jambi, bukan gubernur dari partai politik. (J24-AsenkLeesaragih)

Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar