Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Perolehan Kursi PDIP Menurun Pemilu 2024 Ketua DPRD Kabupaten Muarojambi Yuli Setia Bakti Harus Rela Melepas

Ketua DPRD Kabupaten Muarojambi Yuli Setia Bakti.

Muarojambi, J24
- Pileg 2024 pada 14 Februari 2024 yang lalu banyak memunculkan kejutan. Dominasi PDIP di DPRD Kabupaten Muarojambi pada pemilu 2019, kali ini terpatahkan. Perolehan kursi PDIP pun anjlok dari 6 kursi menjadi 4 kursi. Kondisi tersebut berimbas kepada Ketua DPRD Kabupaten Muarojambi Yuli Setia Bakti, untuk periode tahun 2024 -2029.

Yuli Setia Bakti harus rela melepaskan kursi empuk pimpinan tertinggi di DPRD Kabupaten Muarojambi untuk periode 2024 - 2029. Meskipun perolehan suaranya tertinggi nomor 2 se Kabupaten Muarojambi sebanyak 4.906 suara dan sekaligus menyumbang dua kursi di Dapilnya (Muarojambi IV), namun dia tak bisa mempertahankan posisi pimpinan dewan.

Hal ini disebabkan jumlah kursi PDIP kalah dari 4 partai lainnya, PAN, PPP, PKB dan Golkar yang masing - masing meraih 5 kursi atau tiap dapil 1 kursi. Selanjutnya nasib PDIP tak jauh beda dengan Partai Gerindra. Berdasarkan hasil rekapitulasi suara dari KPU, Gerindra menjadi partai peraih suara terbanyak Pileg 2024 di Muarojambi dengan total suara sah partai dan caleg 32.408 suara.

Sayangnya, Partai Gerindra hanya mendapat 4 kursi dari 5 Dapil. Juga kalah dari PAN, PPP, PKB dan Golkar yang meraih 5 kursi.

Gerindra gagal meraih kursi di Dapil Muarojambi III (Sungai Gelam). Harapan Gerindra untuk merebut posisi pimpinan DPRD Muarojambi pun melayang. Karena kalah jumlah perolehan kursi.

Kejutan lainnya dibuat oleh Perindo dan PKS. Kedua partai ini masing masing berhasil meraih dua kursi. Perindo mendapat 1 kursi dari Dapil Muarojambi I dan Dapil Muarojambi IV. Sementara dua kursi PKS dari Dapil Muarojambi III dan Dapil Muarojambi V.

Hasil Pleno rekapitulasi suara KPU diketahui 40 kursi DPRD Kabupaten Muarojambi akan diisi oleh 10 partai. Ke 10 partai yang berharsil meloloskan wakilnya ke DPRD Muarojambi itu yakni PAN, PPP, PKB, Golkar, PDIP, Gerindra, Demokrat, NasDem, Perindo dan PKS.

Dari 10 partai ini ada empat Partai yang menempatkan jumlah wakilnya terbanyak. Ke empat Partai tersebut yaitu PAN, PPP, PKB dan Golkar. Masing - masing meloloskan meraih 5 kursi di DPRD Muarojambi. 

Ke empat partai inilah yang akan mendapat jatah pimpinan DPRD. Berdasarkan rangkuman data KPU, PAN, PPP, PKB dan Golkar berhasil meraih 5 kursi atau tiap dapil satu kursi. 

Sementara PDIP hanya meraih 4 kursi, yakni di Dapil Muarojambi II sebanyak  1 kursi, Muarojambi IV sebanyak  2 kursi dan di Dapil Muarojambi V sebanyak 1 kursi. Sedangkan di dapil Muarojambi I dan Dapil Muarojambi III tidak dapat kursi.

Begitu juga dengan Demokrat, Gerindra dan NasDem masing - masing meraih 4 kursi. Kemudian Perindo meraih 2 kursi, dan PKS meraih 2 kursi.

Berikut daftar 10 caleg peraih suara terbanyak Pemilu 2024 di Kabupaten Muarojambi adalah sebagai beikut: 

1. Zulkifli  (Gerindra) Dapil V  sebanyak 5.138 suara 
2. Yuli Setia Bakti (PDIP) Dapil IV sebanyak 4.906 suara 
3. Junaidi ( Demokrat) Dapil V sebanyak 4.868 suara
4. Hasanudin Lubis (Gerindra) Dapil I sebanyak  4.580 suara 
5. Robinson Sirait (PAN) Dapil IV sebanyak 4.195 suara 
6. Ulil Amri (PAN) Dapil V sebanyak 4.062 suara 
7. Lukman (PAN) Dapil II sebanyak 3.841 suara
8. Haikal (PKB) Dapil IV sebanyak 3.750 suara 
9. Asikin (Golkar) Dapil II sebanyak 3.682 suara  
10. Juniadi P Nainggolan ( PAN) Dapil I sebanyak 3.591 suara. 

(J24/FS).



Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar